Makanan untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi


Makanan untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi



Pada pasien dengan tanda kadar gula darah tinggu, penggunaan makanan untuk mengendalikan penyakit dianjurkan oleh dokter. Namun, tidak semua makanan yang penderita diabetes bisa berikan ke tubuh yang perlu selektif. Apa yang harus  dimakan pasien dengan kadar gula darah tinggi untuk memperbaiki kondisinya? Artikel di bawah ini akan membantu pembaca untuk memilih diet yang sesuai bagi mereka agar bisa mengatur kadar glukosa darah yang stabil.


Apa saja makanan untuk menurunkan kadar gula darah tinggi?


Diabetes adalah penyakit yang cukup umum. Dengan penyakit ini, kadar glukosa darah dalam tubuh manusia berfluktuasi dan cenderung meningkat jika Anda tidak memiliki intervensi yang tepat. Kebanyakan penderita diabetes harus membangun diet sendiri untuk mengendalikan penyakit ini dengan baik. Karena diabetes adalah penyakit yang tidak memiliki penyembuhan, pasien perlu mengetahui cara mengendalikan gula darahnya sehingga mereka bisa "hidup damai" dengan penyakitnya. Saat ini, ada beberapa makanan yang menyebabkan gula darah naik dengan cepat. Selain itu, banyak makanan membantu kadar gula darah yang stabil. Karena itu, dalam menu diet, penderita kadar gula darah tinggi harus memilih sendiri makanan berikut :

1. Sayuran hijau dan makanan kaya serat
Sayuran hijau adalah salah satu makanan sehat untuk kesehatan manusia, terutama yang memiliki hiperglikemia. Sayuran hijau mengandung banyak vitamin C dan mineral yang memudahkan orang mengendalikan diabetes mereka. Ini adalah karbohidrat rendah kalori, ideal untuk penderita hiperglikemia.
Selain itu, makanan berserat tinggi seperti buah manis, kacang-kacangan, kacang-kacangan (kacang polong, kacang lentil), jelai juga membantu Anda terhindar dari komplikasi diabetes yang paling berbahaya, kebanyakan Gula darah tinggi. Untuk meningkatkan kandungan nutrisi dari kelompok makanan ini, Anda sebaiknya tidak terlalu banyak memasak sayuran, umbi, buah-buahan dan membuat mereka tetap segar.

2. Suplemen makanan kaya asam lemak omega-3
Asam lemak omega-3 adalah lemak sehat yang termasuk dalam kelompok asam lemak tak jenuh ganda (PUFA). Suplemen makanan secara teratur kaya akan asam lemak omega-3 untuk tubuh karena tidak hanya membantu menstabilkan gula darah, memperbaiki penglihatan, tapi juga bagus untuk sistem kardiovaskular manusia.
Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti biji labu, kenari, tahu, kembang kol putih, salmon, mackerel, tuna, sarden. Untuk ikan, Anda bisa mengolahnya di bawah dikukus, dimasak dan tidak makan ikan goreng. Selain itu, dengan kacang-kacangan, Anda bisa menggunakannya secara teratur setiap hari untuk mengendalikan kadar glukosa darah tinggi.

3. Makanan mengandung protein sehat
Alih-alih menggunakan protein yang ditemukan pada daging merah, jeroan hewani tinggi kolesterol, tidak baik untuk diabetes, Anda bisa menggunakan makanan yang mengandung protein sehat dari tanaman seperti kacang-kacangan, tahu Selain itu, ikan dan unggas juga baik untuk kesehatan pasien.
Dengan makanan ini, penderita gula darah tinggi bisa makan dengan cara merebus dan membatasi gorengan atau gorengan. Daging belang tidak hanya mengandung lemak jenuh namun juga memiliki jumlah protein yang melimpah sehingga mengurangi kolesterol jahat. Karena itu, jika menggunakan daging, penderita gula darah tinggi bisa menggunakan daging tanpa lemak. Selain itu, ikan seperti halibut, ikan haring, salmon, nila, sarden, tuna, kerang, udang, tiram, dll juga merupakan sumber makanan ideal bagi pasien yang ingin mengendalikan gula darah.


4. Biji-bijian
Banyak orang berpikir bahwa ketika kadar glukosa darah meningkat, mereka harus dijauhkan dari biji-bijian sereal karena mengandung lebih banyak pati, yang dapat menyebabkan gula darah naik lebih cepat. Namun, ada sejumlah penelitian yang telah menunjukkan bahwa serat dalam sereal mampu mengurangi kadar kolesterol berbahaya dan meningkatkan kadar kolesterol bermanfaat di tubuh. Karena itu, sereal memiliki efek menstabilkan gula darah, mencegah lemak darah. Selain itu, karbohidrat kompleks dalam sereal juga mengatur penyerapan gula dan metabolisme lemak, yang membantu mencegah diabetes dengan baik.

Beberapa jenis serealia yang harus dipenuhi oleh glukosa darah tinggi setiap hari meliputi beras merah, beras merah, gandum, jelai, roti yang terbuat dari biji-bijian, kedelai, kacang-kacangan. hijau, kacang polong putih mentah, jagung, wijen hitam, gandum.



CATATAN:
·         Selain menggunakan makanan ini, pasien dengan kadar glukosa darah tinggi perlu memperhatikan hal-hal berikut untuk mengendalikan glukosa darah terbaik.
·         Pasien harus membagi makanan di siang hari, tidak makan makanan dalam jumlah besar saat makan untuk menghindari hiperglikemia setelah makan.
·         Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung energi lebih sedikit dan energi tinggi harus makan makanan nanti. Misalnya, orang bisa makan salad yang dicampur dengan salad, buah sebelum makan hidangan utama seperti daging, ikan.
·         Makan perlahan dan kurangi garam untuk mencegah hiperglikemia, kurangi risiko penyakit kardiovaskular.
·         Minum 1 sampai 2 gelas air putih sekitar 15 menit sebelum makan. Pada saat bersamaan, pasien juga perlu minum air secukupnya setiap hari.
Itulah tadi 4 makanan yang sangat baik untuk pasien dengan gula darah tinggi. Menambahkan makanan ini ke dalam makanan sehari-hari akan membantu orang mengendalikan gula darah dengan lebih mudah. Selain menggunakan makanan di atas, sebaiknya juga periksa glukosa darah secara teratur agar mudah menjaga kadar glukosa darah yang stabil.

Komentar