Testimoni Varises Pelvic Bone Fraktur dengan Seabcuhtorn

Testimoni Varises Vena Sembuh dengan Seabcuhtorn








DIAM-DIAM MEMATIKAN!
CEGAH ASAM URAT DAN HIPERTENSI
PENGARUH BAGI KESEHATAN
A.      ASAM URAT
Apabila asam urat melebihi batas aman, maka bahaya akan terjadi pada ginjal dan jantung. Mereka yang menderita hiperurikemia berisiko meningkatkan pembentukan batu asam urat di ginjal dan batu kalsium oksalat. Kedua batu ini akan menyebabkan tingginya tekanan di batu ginjal dan pembuluh pembuluh darah, sehingga dinding pembuluh darah semakin tenal dan aliran darah ke ginjal pun semakin berkurang. Inilah yang menyebabkan terjadinya kerusakan ginjal.
Penyebabnya bisa dikarenakan oleh factor genetika, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin seperti jeroan, seafood, durian, kacang berlemak, alcohol secara berlebihan, penggunaan obat-obat kanker, dan vitamin B12. Ketidakseimbangan hormone menyebabkan terjadinya gangguan metabolisme, termasuk pengeluaran asam urat oleh ginjal atau terjadi gangguan dalam ginjal yang menyebabkan semua proses penyaringan dan pengeluaran zat-zat yang tidak diperlukan tubuh menjadi bermasalah, sehingga terjadi penumpukan purin.
Penderita hiperurikemia memiliki hubungan kematian dengan berbagai penyakit jantung dan pembuluh darah. Selain itu, hiperurikemia berkaitan juga dengan sindroma X atau resistensi insulin, hipertensi, trigliserida yang meningkat, dan kolesterol baik yang rendah dalam darah, sehingga memicu terjadinya jantung koroner. Penderita asam urat biasanya juga memiliki keluhan terhadap penyakit darah tinggi (hipertensi), diabetes mellitus, hingga arterosklerosis.
B.      TEKANAN DARAH TINGGI
Tekanan darah tinggi berkepanjangan bisa merusak system kardiovaskuler pada jantung dan pembuluh darah. System ini ibarat sebuah pohon. Arteri terbesar yaitu aorta, adalah batangnya. Aorta membawa darah dari jantung untuk di angkut oleh cabang arteri keseluruh bagian tubuh. Dinding arteri normalnya lentur, tetapi pada tekanan darah tinggi yang berkepanjangan, dinding tersebut mengeras dan kehilangan kelenturannya. Kondisi ini bisa terjadi secara alami seiring bertambahnya usia. Namun, tekanan darah tinggi akan mempercepat proses tersebut.
Untuk mengatasi pengerasan dinding ini, jantung memompa dengan lebih keras dan seiring waktu, kehilangan kemampuannya untuk mengimbangi tuntutan yang terus meningkat. Pengerasan arteri juga meningkatkan kemungkinan gangguan pembekuan darah terhadap aliran darah normal ke jantung, otak, ginjal, atau organ lain. Akibatnya akan terjadi komplikasi dari tekanan darah tinggi menjadi serangan jantung, stroke, atau gagal ginjal yang melumpuhkan dan sering kali mematikan.
PENDAHULUAN
Asam urat dan tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan salah satu masalah kesehatan utama di setiap negeri karena bisa menimbulkan penyakit jantung dan stroke otak yang mematikan. Asam urat dan hipertensi di anggap sebagai masalah kesehatan serius karena kedatangannya sering kali tidak kita sadari dengan sedikit jika memang ada gejala yang nyata. Penyakit ini tanpa di sadari bisa bertambah parah hingga mencapai tingkat yang mengancam hidup pasiennya. Buku ini akan menjelaskan pengertian asam urat dan hipertensi serta bagaimana cara ilmu gizi modern bisa mengendalikannya dan menambah beberapa tahun peroide kehidupan sehat pada pasien hipertensi.
Apabila dokter atau bidan mengatakan bahwa anda memiliki asam urat atau hipertensi, seketika anda akan merasa ketakutan atau kebingungan. Tidak salah bila ada yang meninggal karena stroke. Namun, juka menghubungkan asam urat atau hipertensi dengan stroke, anda menjadi tidak yakin dengan masa depan yang terbentang di hadapan anda.
Buku ini akan membantu anda memahami masalah tersebut. Dalama beberapa tahun terakhir, asam urat dan tekanan darah semakin meningkat sejak penyakit tanpa gejala ini sulit diketahui kehadirannya jika kita tidak pernah memeriksa asam urat dan tekanan darah.
Untuk lebih mengenal asam urat dan hipertensi, kita kaan menimak fakta terbaru. The National Hearth and Lung Institute memperkirakan bahwa 23 juta warga Amerika memiliki asam urat dan tekanan darah tinggi. Hipertensi membunuh 60.000 warga Amerika setiap tahun. Kondisi ini menciptakan kondisi lain seperti stroke dan gagal ginjal yang menyebabkan 1,5 juta penyakit lain atau kematian.
Sebenarnya dalam kondisi kehidupan yang normal, pola makan, dan pola hidup yang sehat, hanya dalam usia tualah orang dapat terkena asam urat. Biasanya asam urat terjadi pada orang yang berumur di atas 40 tahun, yaitu sekitar 60 tahunan. Namun, dengan pola makan dan pola hidup yang tidak sehat serta banyaknya propaganda makanan cepat saji yang bersifat merusak dalam jangka panjang, sekarang ini banyak anak muda berumur sekitar 20 tahunan yang sudah terkena asam urat.
Hingga usia 55 tahun, umumnya hipertensi lebih sering menyerang wanita daripada pria. Angka kejadian paling tinggi terjadi pada orang kulit hitam. Menurut perkiraan pada 1971 hipertensi ditemukan pada 12,7% pria kulit putih dan 17,3%wanita kulit putih. Di antara orang-orang kulit hitam, 25,7% pria dan 28% wanita mengalami hipertensi. Hingga usia 55 tahun, tekanan darah  cenderung terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Namun,  tekanan darah pun bisa naik jika anda menjalani hidup yang penuh tekanna  dan penyimpangan. Pembnuh yang cerdas ini meyelinap masuk tanpa peringatan.  
Obat-obatan memiliki keterbatasan karena menimbulkan efek samping. Para ahli mengatakan, hanya 1 dari 8 orang Amerika dengan asam urat dan tekanan darah tinggi berbahaya yang mengonsumsi obat. Setengah adari mereka tidak pernah menemui dokter atau bidan. Setengah lainnya menemui dokter atau bidan, tetapi akhirnya memutuskan untuk berhenti minum obat. Alas an bagi perilaku czeroboh itu adalah bahwa asam urat dan tekanan darah tinggi hanya menimbulkan sangat sedikit ketidaknyamanan. Anda mungkin memiliki asam urat atau tekanan darah tinggi yang membahayakan, tetapi kedua mata anda tidak akan copot dan  pembuluh darah anda tidak akan menonjol keluar. Anda akan merasa sehat hingga semua sudah terlambat. Hal ini semakin ini menegaskan pentingnya memperlajari asam urat dan hipertensi serta cara menggunakan program terbaru sebagai kendali alami.
Kebutuhan akan penyembuhan alami menjadi hal yang yang terpenting karena kebanyakan orang bersikap tidak acuh terhadap penyakit tanpa gejala ini. Ada lagi kesulitana lain dalam terapi obat ini. Apabila mengonsumsi obat resep untuk asam urat dan hipertensi, anda harus membayarjutaan rupiah dalam setahun kepada dokter atau bidan dan juga mengeluarkan uang untuk obat yang harus anda beli di apotek. Biaya tersebut terus meningkat. Jumlah ini sangat banayak bagi seseorang yang tidak menyadari asam urat dan tekanan darah tingginya. Ia mungkin merasa lebih baik setelah menghentikan pengobatan dengan efek samping yang tidak nyaman. Ada pula keengganan untuk berkunjung ke praktik dokter atau klinik bidan karena asam urat dan tekanan darah tinggi membutuhkan penanganan jangka panjang.
Kebanyakan dokter atau bidan dan klinik rumah sakit akan menganjurkan perawatan cepar seperti obat-obatan siap minum dan tidak menyediakan terapi yang membutuhkan waktu lama untuk penyakit ini. Banyak dokter atau bidan sepakat bahwa profesi medis belum siap memenuhi kebutuhan masyarakat untuk penanganan asam urat dan hipertensi jangka panjang. Penggunaan metode alami dapat membantu mengurangi reaksi dan mempersehat hidup.
Tujuan penulisan buku ini adalah untuk menyadarkan anda akan resiko tersembunyi dari asam uarat dan hipertensi, serta perawatan tubuh yang tepat bisa menurunkan atau menghilangkan peluang stroke atau penyakit kardiovaskuler yang mungkin membebani atau mengakhiri hidup anda. Alam menginginkan agar anda memiliki tubuh yang sehat. Kesehatan berawal dari asam urat dan tekanan darah yang sehat, jadi bekerja samalah dengan alam sehingga asam urat dan tekanan darah anda tetap normal.
BAB 1
SEPUTAR ASAM URAT
PENGERTIAN
Asam urat di anggap sebagai penyakit secara umum dikenali oleh masyarakat awam. Sebenarnya asam uarat merupakan senyawa yang ada di dalam tubuh manusia. Senyawa ini memiliki rumus kimia C5H2N4O3 dan rasio normalnya 3,6 mg/DL. Dalam kondisi normal, asam urat tidak akan berbahaya bagi kesehatan manusia. Namun jika kelebihan (hiperurisemia) atau kekurangan (hipourisemia) kadar asam urat dalam plasma darah, maka akan menjadi indikasi penyakit pada tubuh manusia.
Asam urat terjadi akibat mengonsumsi zat purin secara berlebihan. Pada kondisi normal, zat purin tidak berbahaya. Apabila zat purin berlebihan di dalam tubuh, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat tersebut sehingga zat tersebut mengkristalmenjadi asam urat ayang menumpuk di persendian. Akibatnya sendi akan terasa bengkak, meradang, nyeri, dan ngilu.
ASAM URAT
Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan purin? Purin adalah zat yang terdapat dalam setiap amakanan yang berasal dari makhluk hidup. Artinya, semua amkanan yang kita makan mengandung zat purin, termausk sayur dan buah-buahan. Jadi bagi anda yang vegetarian, jangan merasa aman dari asam urat. Jenis penyakit ini tidak hanya menyerang mereka yang doyan dengan daging dan ikan saja.
Kalau begitu, apakah asam urat hanya menyerang mereka yang gemuk? Apakah mereka yang kurus juga aman dari asam urat? Tidak juga. Semua orang rawan terkena kelebihan zat purin. Selain dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi, zat purin juga dihasilkan dari perusahaan sel-sel tubuh secara normal atau karena penyakit tertentu.
Artinya, semua orang dalam proses perjalanan hidupnya akan mengalami perusakan sel-sel tubuh. Meskipun seseorang memiliki pola makan dan gaya hidup yang sehat, pada saat tua mereka pun akan mengalami penumpukan purin yang memungkinkan  terjadinya asam urat. Oleh karena itu, mereka yang rawan terkena asam urat cenderung dilarang mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi seperti jeroan, daging kambing, seafood, hingga buah durian.
Jadi siapapun rawan terkena asam urat dan salah satu cara mudah untuk mencegah terkena asam urat adalah menjaga pola makan yang sehat dan mengonsumsi dalam jumlah terbatas makanan-makanan yang banyak mengandung purin. Pola hidup yang sehat juga akan membantu seseorang terhindar dari penyakit asam urat.
Asam urat merupakan meniferstasi dari metabolisme zat purin yang terbentuk seperti Kristal-kristal. Kita dapat menemukan zat purin tersebut di dalam makanan yang kita makan, baik yang berasal dari hewan maupun tumbuhan. Jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin, maka purin inilah yang nantinya berpindah ke dalam tubuh. Jika zat purin di dalam tubuh sudah berlebihan, ginjal tidak mampu mengeluarkannya dan inilah yang memicu penumpukan zat purin sdalam tubuh yang berubah menjadi asam urat.
Dapat dikatakan dnegan bahasa sederhana bahwa asam urat merupakan penyakit yang bisa menyerang setiap orang. Dalam kondisi normal dengan pola makan dan pola hidup yang sehat, asam urat aakan menyerang mereka yang berusia 40 tahun ke atas bagi pria, dan bagi wanita biasanya setelah terjadi masa menopause. Namun dalam kondisi tidak normal karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat, asam urat bisa menyerang orang dengan ausia berapapun, tidak peduli tua atau muda.
Akibat beberapa gejala yang cenderung seperti “hal biasa” tersebut, orang baru menyadari bahwa dirinya terkena asam urat saat kondisinya sudah parah. Gejala penyakit asam urat sebenarnya dapat dibedakan menjadi tiga tingkatan, yaitu gejala awal, gejala menengah, dan gejala akut.
Ø  Gejala awal
Pada saat gejala awal ini sering tidak disadari sebagai gejala asam urat. Akibatnya, banayk penderita yang tahu-tahu sudah mengalami asam urat akut atau kronis, sehingga pengobatannya menjadi lebih sulit dan memerlukan biaya lebih banyak. Pada gejala awal ini, biasanya penderita mengalami serangan pada sendi yang khas selama beberapa hari. Mereka menyadari adanya rasa nyeri yang menyerang, tetapi karena tidak terlalu berat biasanya mereka mengabaikannya. Uniknya, peradangan pada sendi tersebut akan menghilang dengan asendirinya. Sehingga pada penderita umunya menganggap diirnya hanya terlalu capai atau keseleo biasa.
Kebiasaan yang berkembang luas di masyarakat Indonesia yaitu bila kecapaian biasanya mereka minta di pijat atau sekedar di urut dengan minyak kayu putih atau minyak gosok. Padahal seharusnya mereka memeriksakan diri ke dokter dan chek up kesehatan secara keseluruhan untuk memastikan apa yang terjadi pada diri mereka.
Selanjtnya dalam masa 2-10 tahun, penderita akan mengalami serangan pada sendi seperti yang dialami pertama kali. Waktu yang terjadi antara satu penderita dan penderita yang lain berbeda-beda, tergantung pada pola makan dan pola hidupnya. Namun, karena jarak waktunya yang cukup lama, biasanya mereka sudah lupa bahwa apa yang pernah terjadi di masa lalu sebenarnya merupakan persoalan serius.
Ø  Gejala Menengah
Setelah mengalami masa jeda serangan sendi pada gejala awal, umumnya penderita akan mengalami peradangan yang lebih khas. Jarak serangan antara peradangan yang satu ke peradangan berikutnya menjadi lebih sering dan lebih panjang, ditambah dengan sendi yang terserang juga lebih banyak. Pada gejala inilah umumnya penderita baru sadar kalau ia terkena penyakit asam urat secara serius. Penanganan di masa ini sudah harus lebih banyak dan penderita sangat di tuntut untuk mengikuti pola makan yang sehat agar asam uratnaya tidak semakin parah. Apabila terjadi pada kaki yang ukurannya besar, penderita tidak bisa lagi memakai sepatu dan jika sudah demikian, penyakit tersebut masuk ke dalam gejala akut.
Ø Gejala Akut
Setelah mengalami gangguan dan agejala menengah selama kurang lebih 10 tahun, biasanya penderita akan mendapatkan benjolan-benjolan di sekitar sendi yang sering meradang. Benjolan ini disebut tofus, yaitu serbuk seperti bubuk kapur yang merupakan kumpulan dari Kristal monosodium urat. Tofus ini akan menyebabkan kerusakan pada sendi dan tulang disekitarnya.
FAKTOR PEMICU TERJADINYA ASAM URAT
Selain karena kondisi metabolisme dalam tubuh tidak normal yang menyebabkan asam urat naik, penyakit ini juga dapat dipicu oleh berbagai factor sebagai berikut:
·                     Makanan mengandung purin tinggi seperti jeroan, daging, seafood, durian dan lain-lain
·                     Obat-obatan kanker
·                     Penyakit batu ginjal dan gagal ginjal
·                     Penyakit lever
·                     Penyakit diabetes mellitus atau kencing manis
·                     Kegemukan
·                     Minuman berakohol
·                     Kelainan genetic
·                     Kekurangan nutrisi
·                     Keracunan
·                     Penyakit kulit
·                     Kadar trigliserida yang tinggi
Jadi kalau anda termasuk yang memiliki masalah-masalah tersebut, ada baiknya mulai menjaga diri dengan mengikuti pola makan yang sehat, pola hidup sehat, dan bersahabat dengan dokter agar persoalan sekecil apapun berkaitan dengan kesehatan dapat langsung diatasi dengan baik.
BAHAYANYA ASAM URAT
Umunya yang terkena penyakit asam urat adalah para pria. Sementara pada wanita kecenderungan penyakit asam urat lebih kecil dan baru akan muncul setelah masa menopause. Pada pria kadar asam urat akan terus bertambah dan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Sementara pada wanita tidak demikian. Wanita hanya mengalami peningkatan kadar asam urat setelah menopause. Sebelum masa menopause, pembuangan asam urat pada wanita terjadi lewat urine karena adanay hormone estrogen. Hormone estrogen ini turun membnatu mengontrol pembuangan asam urat.
Dalam kondisi normal, asam urat tidak berbahaya bagi tubuh. Apabila asam urat melebihi batas yang aman, maka bahaya akan terjadi pada ginjal dan jantung. Mereka yang menderita hiperurikemia berisiko meningkatkan pembentukan batu asam urat di ginjal dan batu kalsium oksalat. Kedua batu ini akan menyebabkan tingginya tekanan di batu ginjal dan pembuluh-pembuluh darah, sehingga dinding pembuluh darah semakin tebal dan aliran darah ke ginjal pun semakin berkurang. Inilah yang menyebabkan terjadinya kerusakan ginjal.
Sementara penderita hiperurikemia memiliki hubungan kematian dengan berbagai penyakit jantung dan pembuluh darah, serta berkaitan dengan sindroma X atau resisitansi insulin, hipertensi, trigliserida yang meningkat, kolesterol baik yang rendah dalam darah, sehingga memicu terjadinya penyakit jantung koroner. Penderita asam urat biasanya juga memilki keluhan terhadap penyakit darah tinggi (hipertensi), diabetes mellitus, hingga arterosklerosis.
Intinya, pola makan yang tidak sehat merusak seluruh keseimbangan tubuh manusia.
Hal ini terjadi karena tubuh manusia sebenarnya tergantung dari apa yang di makannya. Kita harus menjadikan memakan kita sebagai obat Karena jika tidak, akan ada masanya obat yang menjadi makanan kita nanti. Hidup dengan pola sehat memang terlihat banyak aturan dan pantangan, tetapi jika kita mau membiasakan diri hidup sehat, nantinya kita sendiri yang memperoleh manfaatnya. Badan tetap sehat dan harapan umur panjang dapat kita miliki.
LARANGAN BAGI YANG TERKENA ASAM URAT
Jika tidak mengetahui riwayat medisnya, pasien asam urat akan terlihat sama seperti orang sakit lainnys. Kondisi saat mereka terkena gejala awal asam urat, umumnya tidak terlihat. Jadi, sebenarnya tidak ada yang benar-benar menjadi “larangan” bagi yang terkena asam urat. Larangan yang utama adalah menghindari makanan yang mengandung zat purin tinggi.
Purin adalah tubuh menjadi asam urat. Dalam setiap tubuh manusia mengandung zat purin, tetapi ada yang jumlahnya normal, ada juga yang jumlahnya berlebihan. Apabila kadar asam urat dalam tubuh seseorang berlebih, maka ginjal tidak akan mampu lagi untuk mengeluarkan zat purin itu. Akibatnya, zat purin menjadi Kristal asam urat yang menumpuk di persendian. Itulah yang menyebabkan sendi terasa nyeri, bengkak, dan meradang. Jadi, bila seseorang sedah terkena gejala awal asam urat dengan kadar asam urat tinggi, sebaiknya mulai menghindari jenis-jenis makanan yang tinggi purin.
Berikut ini beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita asam urat. Untuk mereka yang belum terkena asam  urat, sebaiknya makanan ini juga dikonsumsi dalam jumlah terbatas.
·                     Jeroan -> ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru-paru, dan otak
·                     Seafood -> udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, dan ikan sarden
·                     Ekstrak daging -> abon dan dendeng
·                     Makanan yang sudah di kalengkan -> kornet sapi dan sarden
·                     Daging -> daging kambing, daging sapi, dan daging kuda
·                     Unggas -> bebek, angsa, dan kalkun
·                     Kacang-kacangan -> kacang kedelai (trmasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, taoge, melinjo, dan emping
·                     Sayuran -> kembang kol, bayam asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun papaya, dan kangkung
·                     Makanan yang banyak menganudng lemak -> keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental
·                     Buah-buahan tertentu -> durian, nanas dan air kelapa
·                     Makanan yang di goring, bersantan atau di masak, dengan margarin atau mentega
·                     Makanan kaya protein -> ikan dalam porsi berlebihan
Larangan bagi yang terkena asam urat biasanya berkaitan dengan makanan yang mengandung zat purin tinggi. Hal itu di sebabkan mereka yang terkena asam urat sudah memiliki terlalu banyak zat purin di dalam tubuhnya. Zat purinnya sudah overload, jika di tambah lagi, tubuhnya tidak mampu menampung dan mengeluarkan, dampaknya menyerang sendi-sendi yang menyebabkan terjadinya nyeri dan benjolan-benjolan. Kondisi tersebut sungguh menyiksa dan menyakitkan bagi penderitanya, terutama jika mereka berada dilingkungan yang berhawa dingin, maka rasa nyerinya bisa semakin menjadi-jadi dan tidak tertahankan. Dalam banyak aksus, ada penyakit asam urat yang membawa kematian mendadak.
Oleh karena itu, sungguh bijak bila kita mau menjaga pola makan dan mengikuti aturan hidup sehat. Pada saat sehat, kita boleh saja mengonsumsi apa saja tetapi jumlahnya terbatas. Sementara itu, jika sudah terkena asam urat, ada banyak makanan enak yang tidak bisa kita konsumsi lagi.
Table 1.1 berikut merupakan daftar kandungan purin dalam beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Bukan berarti penderita asam urat tidak boleh makan makanan yang disebutkan di bawah ini, tetapi sebaiknya dihindari atau porsinya di kurangi karena jika tidak, dikhawatirkan akan semakin memperparah penyakit asam uratnya.
Table 1.1 daftar nama makanan tinggi kandungan purin
No
Kategori
Nama makanan
Keterangan
1
Kelompok 1

Kandungan purin sangat tinggi 100-1000mg/100 gram
Segala jeroan: hati, jantung, otak, paru, daging dan sebagainya. Ikan makarel, kerang, ikan tuna, daging bebek, kaldu daging
Sebaiknya di hindari dan sedikit di konsumsi
2
Kelompok ii

Kandungan purin 90-100mg/100 gram
Daging sapi
Ikan laut kecuali
Kelompok 1
Udang, tahu, tempe, bayam, asparagus, daun singkong, kangkung, daun dan biji melinjo
Bebas di konsumsi asal tidak berlebihan
3
Kelompok iii
Kandungan purin rendah

nasi, ubi, singkong, jagung, mie bihun, cake, kue kering, roti, pudding, susu, telur, keju, sayur dan buah buahan, kecuali
kelompok 1
Bebas dikonsumsi setiap hari sesuai dengan keperluan
Sumber: disarikan dari berbagai data oleh penulis
USIA RAWAN ASAM URAT
Sebenarnya dalam kondisi kehidupan yang normal, pola makan, dan pola hidup yang sehat, hanya dalam usia tualah orang dapat terkena asam urat. Biasanya asam urat terjadi pada orang berumur di atas 40 tahun, yaitu sekitar 60 tahunan. Namun, dengan pola makan dan pola hidup yang tidak sehat serta banyaknya propaganda makanan cepat saji yang bersifat merusak dalam jangka panjang, sekarang ini banyak anak muda berumur sekitar 20 tahunan yang sudah terkena asam urat.
Masalah usia memang tidak bisa di lawan. Ada penyakit-penyakit yang seirng disebut dengan “penyakit tua” atau penyakit-penyakit yang terjadi pada usia tua dan oleh kebanyakan orang di anggap sebagai sesuatu yang wajar. Namun dengan pola hidup yang sehat, hal tersebut dapat di tunda kehadirannya. Ada banyak orang yang hidup sampai lanjut usia, tetapi juga tetap sehat dan produktif karena pola hidupnya yang sehat. Sekarang pilihan ada di tangan anda. Apakah anda ingin hidup dengan pola makan dan pola hidup sehat atau hidup sesuka semau anda?
MITOS YANG SALAH TENTANG ASAM URAT
Dalam setiap penyakit ada mitos-mitos tetentu yang beredar di kalangan masyarakat dan dipercayai sebagai suatu kebenaran. Demikian juga dengan penyakit asam urat ini.
Beirkut ini adalah mitos-mitos seputar asam urat dan kenyataan yang sebenarnya.
Ø    Asam urat bisa sembuh tanpa diobati
Kabar yang banyak beredar di kalangan masyarakat adalah nyeri sendi yang di alami seseorang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu di obati. Jadi kalau terkena nyeri sendi, cukup istirahat saja nanti akan sembuh sendiri. Ini mitos yang tidak benar. Nyeri sendi yang di sebabkan oleh asam urat aharus di obati untuk menghindari kerusakan sendi dalam jangka panjang. Kalau nyeri sendi menyerang, sebaiknya dating ke dokter untuk mengetahui kondisi sebenarnya.
Ø    Nyeri sendid adalah kondisi yang langka
Tentu saja ini mitos. Nyeri sendi justru merupakan kondisi yang paling sering terjadi dalam kehidupan manusia. Terutama di kalangan mereka yang terbiasa makan makanan yang tinggi purin. Nyeri sendi terbanayak di alami oleh mereka yang berusia 40 tahun ke atas, terutama di kalangan pria. Jangan sekali-kali meremehkan masalah nyeri sendi. Begitu terkena nyeri sendi yang tidak biasa, sebaiknya segeralah dating ke dokter/bidan untuk memastikan kondisi kesehatan anda lebih lanjut..
Ø    Nyeri sendi berkurang saat mengalami luka
Ini adalah mitos. Nyeri sendi tidak akan hilang saat terjadi luka. Kemungkinan yang terjadi adalah penderita nyeri sendi mungkin sejenak terlupa akan nyeri sendinya ketika terjadi serangan penyakit lainnya yang lebih berat atau misalnya saat mengalami luka.
Ø    Nyeri sendi disebabkan oleh terlalu banyak makan dan minum
Makan dan minum berlebihan tidak secara langsung menyebabkan nyeri sendi karena asam urat. Kecuali jika sebelumnya orang yang makan tersebut telah memilki asam urat, tetapi tidak di sadarinya, maka pada saat makan makanan tinggi purin yang terlalu banyak akan bisa langsung merasakan nyeri. Hal ini bukan terjadi karena makanannya, tetapi karenajumlah purin di dalam tubuhnya sudah berlebihan.
Ø    Asam urat dapat dihindari dengan diet
Ini adalah pandangan yang keliru. Diet tidak secara langsung dapat menghindari atau mencegah asam urat. Diet di rancang untuk menurunkan berat badan berkala secara seimbang. Orang yang terkena asam urat sebaiknya diet menghindari makan makanan yang mengandung purin, bukan dengan melakukan diet seperti yang di maksudkan oleh kebanyakan orang. Program diet yang sembarangan justru dapat memicu timbulnya penyakit-penyakit lain yang tidak diinginkan.

FAKTA YANG BENAR TENTANG ASAM URAT
Akan lebih baik jika mengetahui bebrapa fakta yang benar tentang asam urat, sehingga tidak mudah percaya pada mitos. Berikut ini adalah fakta yang benar berkaitan dengan asam urat.
Ø    Nyeri sendi adalah salah satu kondisi sakit yang paling menyakitkan
Menurut laporan medis dan penelitian terpercaya, nyeri sendi merupakan kondisi sakit yang plaing menyakitkan. Dikatakan bahwa sakit nyeri sendi lebih menyakitkan daripada operasi Caesar atau pada saat perempuan melahirkan. Kondisi nyeri sendi juga lebih mneyakitkan dibandingkan dengan nyeri pada saat kecelakaan dan mengalami patah tulang. Jadi, jagalah kesehatan dan control pola makan dengan benar agar tidak terkena asam urat. Jangan coba-coba karena biasanya kita menyesal setelah terkena penyakit.
Ø    Nyeri tulang di sebabkan penumpukan asam urat dalam aliran darah
Fakta utama nyeri sendi adalah penumpukan asam urat dalam aliran darah karena terlalu banyak zat purin yang tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal. Kondisi ini dikenal dengan hiporurikemia.
Ø    Efek nyeri sendi dapat di kurangi dengan control asam urat
Nyeri sendi dapat menyerang kapan saja dan siapa saja yang memiliki kelebihan purin di dalam tubuhnya. Demi menghindari efek nyeri sendi jangka panjang, setiap orang dapat mengontrol asam uratnya. Mengontrol kadar asam urat dalam jangaka panjang dapat pula menghindari kerusakan sendi jangka panjang
Ø    Nyeri sendid biasanya menyerang daerah jempol kaki
Menurut laporan medis, sekitar 90% orang dengan keluhan nyeri sendi mengalami keluhan pada bagian jempol kaki. Namun demikian, nyeri sendi akibat asam urat dapat menyerang daerah tangan, siku, dan lutut.
Ø    Semakin tinggi asam urat berarti semakin banyak kadar purin di dalam tubuh. Dampak dari tingginya asam urat tersebut akan menimbulkan serangan nyeri sendi yang terjadi.

Asam urat bukanlah sesuatu yang muncul secara genetis atau bawaan. Namun, asam urat adalah kondisi yang snagat dipengaruhi oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Oleh karena itu, kalau tidak ingin terkena asam urat, maka cara yang paling aman adalah memilki pola hidup yang sehat dan pola makan yang sehat. Bagaimanapun kita masih harus mempercayai bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Pada saat mencegah, kita belum merasakan sakit dan penanganannya cenderung lebih mudah. Sementara jika sudah sakit dan harus mengobati, kita sudah merasa sakit, penanganannya lebih rumit, dan tentu saja memerlukan biaaya yang tidak sedikit.
BAB II
TEKANAN DARAH TINGGI
“BOM WAKTU YANG SIAP MELEDAK”
Satu dari sepuluh orang dewasa di dunia memiliki tekanan darah tinggi, atau istilah medisnya adalah hipertensi. World Health Organization (WHO) menyebut tekanan darah tinggi sebagai epidemic yang menyebar luas.
Amerika Serikat menjadi Negara dengan angka hipertensi paling tinggi. Sekitar 25.000 kematian dan lebih dari 1,5 juta serangan jantung dan stroke terjadi setiap tahunnya. Meskipun demikian, biasanya penyakit ini bisa dikendalikan secara efektif setelah berhasil dideteksi.
Peningkatan Tekanan Darah Ringan pun Dapat Mengancam Hidup
Dokter memperkirakan bahwa 23 juta orang di Amerika Serikat memiliki tekanan darah tinggi. Setengah dari mereka tidak menyadari keberadaan penyakit tersebut. Banyak diantara mereka yang menyadarinya tetapi tidak di obati secara efektif. Tekanan darah tinggi merupakan penyakit tanpa gejala dan di anggap sebagai “bom waktu siap meledak” dalam tubuh anda. Mungkin ketika menyadari penyakit ini, anda sudah terlambat untuk menyembuhkannya.

Komentar